Samukti Karya Lestari Peroleh Sertifikat ISPO

PT Samukti Karya Lestari (SKL), anak usaha PT Cisadane Sawit Raya (CSR), menerima sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO). SKL bersama 63 kebun/perusahaan lainnya menerima sertifikat ISPO dalam acara Penyerahan Sertifikat ISPO yang diselenggarakan pada Selasa (27/8/2019) di Menara 165, Jakarta.

Sertifikat diserahkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bapak Antarjo Dikin kepada sejumlah lembaga sertifikasi, termasuk Lembaga Sertifikasi PT Mutu Indonesia Strategis Berkelanjutan (MISB) yang kemudian menyerahkan sertifikat kepada Direktur Utama SKL Bapak Gita Sapta Adi.

Unit SKL yang disertifikasi adalah kebun yang berlokasi di Desa Muara Ampolu, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Perolehan sertifikat ISPO merupakan pengakuan bahwa sistem usaha di bidang perkebunan kelapa sawit layak ekonomi, layak sosial, dan ramah lingkungan didasarkan pada peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Bapak Antarjo Dikin dalam sambutannya menekankan bahwa industri kelapa sawit merupakan tulang punggung ekonomi nasional sehingga perlu dijaga keberlanjutannya. Sertifikat ISPO sebagai standar keberlanjutan adalah bukti komitmen yang harus dijaga dan diteruskan penerapannya oleh perkebunan kelapa sawit. Tanpa harus menunggu audit, praktik yang baik harus dijadikan kebiasaan. “Ini bukan kepentingan Ditjen Perkebunan, tetapi ini demi kepentingan kita semua,” kata Bapak Antarjo.

Data Komisi ISPO, sampai dengan Agustus 2019, sertifikat ISPO yang diterbitkan sejumlah 566 yang terdiri atas 556 perusahaan, 6 koperasi swadaya, dan 4 KUD plasma. Sementara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menargetkan pada tahun 2020 seluruh anggotanya sudah bersertifikat ISPO.

KEMBALI